Kamis, 22 Desember 2011

Kuliner Khas Palembang



Siapa yang tak kenal olah rasa orang Palembang? Tidak hanya Pempek, Palembang banyak menawarkan sajian yang dijamin akan memanjakan lidah anda seperti kue srikayo, ketan duren, mie celor, lakso, burgo, celimpungan, tekwan, model, kempalang/kerupuk bakar, es kacang merah dan lain-lain. Nikmati aneka olahan boga khas dari Palembang:-)

Pempek
Pempek merupakan makanan khas tradisional Palembang paling terkenal yang terbuat dari bahan dasar daging ikan giling (biasanya ikan Belido, tenggiri atau ikan gabus) dan tepung tapioka. Jenisnya antara lain ada pempek lenjer, telor besar (kapal selam), pastel( isian sayur pepaya muda yg dibumbui), kerupuk (kriting), tahu, lenggang, panggang, serta adaan.
















Pempek kapal selam (telor), lenjer dan pempek Adaan





















Pempek Kapal Selam & Pempek Lenjer










Variasi pempek isi, pempek serba di panggang, dan pempek polos











Pempek lenjer, telok kecik, dan kerupok


Martabak HAR
Makanan asli bercita rasa India ini diperkenalkan oleh seorang keturunan India yang bernama Haji Abdul Razak (HAR). Banyak restoran yang di buka di beberapa jalan utama di Palembang, dan Bahkan ada cabang di Jakarta yaitu terletak di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Bukan saja menyajikan Martabak saja, ditempat ini juga menjual makanan lainya seperti Roti Canai, Teh Tarik dan lain-lain yang bercita rasa India. Yang menjadi Khas Martabak HAR adalah hanya berisi beberapa butir telur itik, dan Kuah Kari kental dengan tumbukan kentang yg dihaluskan...hmm sedap sekali.








Martabak Har & Roti Canai
 








Suasana Rumah Makan Har & Seporsi Martabak Har









Pindang Patin Palembang
Pindang ikan patin memunculkan sensasi paduan rasa pedas, asam segar, dan wangi kemangi. Sebagai gambaran rasa, daging ikan patin yang lembut dimasak dengan serai, daun salam, jahe, lengkuas, daun bawang, dan cabe, serta rasa asam segar dari buah nanas. benar-benar mengugah selera
















Pindang Patin








Mie Celor Palembang
Dinamakan Mie Celor karena sebelum di hidangkan mie dan kecamba (tauge)nya dicelor terlebih dulu (diseduh dengan air panas) lalu disiram dengan kuah kaldu udang yang kental dan diberi irisan telur, irisan daun seledri, bawang goreng dan diberi kecap asin sedikit...wow sedapnya...silakan dicoba kalau bertandang ke Palembang :-) 












Mie Celor Palembang


Tempoyak
Tempoyak adalah daging durian yang dipermentasikan (diasamkan). Di Palembang tempoyak banyak sekali dibuat masakan yang mengunakan bahan ikan (Ikan Patin, Ikan Laes, dll) biasanya dibuat pepes atau di brengkes. Rasa asam pedas dan gurih dari tempoyak yang menyatu dengan daging ikan memberikan cita rasa yang berbeda di lidah. Kadang juga Tempoyak dibuat menjadi sambal.
















Tempoyak


Pekasam
Pekasam adalah fermentasi dari Ikan yang di campur dengan garam dan nasi dan dibiarkan/diperam selama beberapa hari...biasanya pekasam ini ditumis dibuat sambal










Kerupuk Kemplang Goreng & Kerupuk Kemplang Panggang (Tunu)
Kerupuk Kemplang Goreng dan Kemplang Panggang merupakan makanan khas dari Palembang yg terbuat dari ikan & sagu diolah sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yg lezat. Disajikan dgn sambal khas dan kadang-kadang bisa dimakan bersama cuko yg terbuat dari cuka & cabe sehingga menambah sedap cita rasanya. Aneka kemplang Goreng Palembang inipun bermacam-macam yaitu kemplang goreng Batok, kempalang goreng kancing, kemplang goreng sedang bulat dsb sedangkan Kempang Panggang yaitu kemplang panggang lidah badak, kemplang panggang kancing, kemplang panggan bulat, kemplang panggang bintang dsb. Sangat pas buat oleh-oleh anda ketika pulang dari Palembang.











Kemplang goreng
 









Kemplang Panggang (Tunu)

Makanan Khas Palembang Lainnya












Daging masak Malbi



Kue Talam
 
 










Kue Lapis legit Palembang, berbeda dengan lapis legit lainnya, Lapis Palembang dipanggang dengan arang pasir diatas gendokan (tungku tanah liat). Hasilnya lapis Palembang terasa lebih legit.


 













Udang Satang adalah sebutan udang galah di Palembang. Udang ini digoreng dengan bumbu, yaitu kacang tanah yang ditumis dan diberikan kecap dan rempah-rempah. Enaknya tak tertandingi
Cicipi juga Opor Ayam Palembang, ayam masak dengan racikan bawang merah, bawang putih, kemiri, daun salam, dan santan kental. Pekat nikmat...
Es Kacang Merah, adalah es kacang merah yang disajikan dengan sirop Vanilla, disiram susu atau santan dan ditambah es serut lembut...dijamin menyegarkan.




Kue Maksuba


Kue maksuba ini lebih banyak di jumpai di rumah-rumah masyarakat pada saat hari raya/lebaran atau hari-hari besar tertentu lainnya. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat kue maksuba ini tidak ada yang tergolong istimewa. Semua bahannya bisa di dapat dengan mudah di pasar tradisional ataupun supermarket. Bahan-bahannya antara lain telur itik atau telur ayam, mentega, gula pasir, dan susu kental manis. Meskipun bahan-bahannya tergolong sederhana, tingkat kerumitan pembuatan kue maksuba ini cukup tinggi. Meskipun pembuatannya cukup rumit, Kue Maksuba di gemari nyaris semua kalangan masyarakat. Setiap hari raya, nyaris semua rumah di Palembang menyediakan kue Maksuba utuk di sajikan kepada para tamu yang bersilaturahim. Walaupun kue maksuba lebih sering di jumpai di saat-saat tertentu saja, tapi untuk yang ingin membawa kue yang bercitarasa sangat manis ini sebagai oleh-oleh ke luar kota, anda bisa mendapatinya di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Cinde. Tetapi harga satu loyangnya dapat di kategorikan cukup mahal. Satu loyangnya berkisar antara Rp.90.000,- sampai dengan Rp.150.000,- tergantung ukuran dan telur yang di gunakan. Mungkin karena kue ini termasuk kue musiman, dan juga tingkat pembuatannya yang cukup rumit.





















Celimpongan


















Burgo dan Laksan













Aneka kue jajanan Palembang












Kue Jongkong




























Ragit, lakso dan martabak












Kue Srikayo

0 komentar:

Poskan Komentar